Wisata Daerah Gunungkidul Selatan Lebih Terkenal Dibanding Wisata Gunungkidul Utara

0
389

Satumediatv.com – Pengembangan pariwisata di Gunungkidul masih belum sepenuhnya merata.

Wisata di daerah utara Gunungkidul masih kalah pamor dibandingkan dengan destinasi wisata di wilayah selatan Gunungkidul yang sudah dikenal lebih dahulu.

Hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono.

Selama ini Gunungkidul memang dikenal dengan keindahan alamnya, terutama daerah pesisir selatan yang memiliki pantai yang indah sebagai obyek wisata andalan.

Padahal menurutnya, obyek wisata di daerah utara Gunungkiduljuga tak kalah indah dibandingkan dengan daerah pesisir selatanGunungkidul.

Namun, karena wilayah selatan Gunungkidul lebih dulu dikenal dan dikembangkan, sehingga daerah utara kalah pamor.

“Hingga kini daerah utara Gunungkidul masih kurang diperhatikan, akibat kalah pamor dengan wisata di pesisir selatan yang sudah lebih dulu dikenal oleh wisatawan,” ujar Harry, Rabu (23/8).

Destinasi wisata yang ada di daerah utara Gunungkidul memang didominasi wisata pegunungan.

Beberapa obyek wisata yang sudah dikembangkan yakni, Green Village Gedangsari, Gunung Gentong Gedangsari, Air Terjun Curuksewu Gedangsari, Luweng Sampang Gedangsari, Hutan Wonosadi di Ngawen, Gunung Gambar di Ngawen, Embung Batara Sriten di Nglipar.

“Selain itu banyak juga industri kreatif di sana yang juga menjadi daya tarik wisata seperti industri kreatif batik di Desa tancep, gedangsari,” ujarnya.

Kendati memiliki destinasi wisata yang indah, namun infrastruktur penunjang pariwisata seperti jalan masih belum memadai.

Sebagai contoh,  jalan sepanjang 7 kilometer yang menuju Embung Batara Sriten dalam kondisi kurang baik atau rusak.

“Selain itu infrastruktur seperti jalan memang belum merata seluruhnya. Seperti jalan ke embung batara sriten yang masih berupa jalan berbatu,” ujad Harry.

Selama ini baru Gunung Gambar yang masuk dalam daftar retribusi untuk Pemkab Gunungkidul.

Destinasi wisata lain di utara masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat.

Harry pun mengatakan, pembangunan infrastrukur pendukung wisata di daerah utara memang mutlak diperlukan agar daerah utara juga sama berkembangnya dengan daerah selatanGunungkidul.

“Jalan yang rusak ini memang perlu untuk segera dibenahi. Sehingga dengan adanya jalan, maka pariwisata akan dapat dikembangkan sepenuhnya. Setelah dibangun jalan yang bagus akan segera mulai muncul berkembang aktivitas di sana, seiring berkembang pariwisatanya,” ujar Harry.

Sumber Baca

Foto :INITEMPATWISATA.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here