Swedia Tertarik Kerjasama dengan RI di Bidang Film, Aplikasi, Fashion dan Musik

0
71

Satumediatv.com – “Swedia tertarik untuk bekerjasama di bidang film dan aplikasi. Sedangkan musik dan fashion lebih cepat diterapkan”, ujar Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Ricky Joseph Pesik. Kunjungan Bekraf ke Swedia termasuk dalam keseluruhan rombongan delegasi RI untuk bidang teknologi informasi dan smart city dari tanggal 19-21 Nopember 2017. (20/11)

“Ekonomi kreatif memiliki potensi yang besar terhadap perekonomian nasional”. Menurut Ricky, ada 3 sub-sektor ekonomi kreatif yang memiliki daya tarik dan dapat mempengaruhi berkembangnya sektor lain. Ketiga subsektor itu antara lain film, animasi, dan musik yang dapat memicu tumbuhnya sektor lain.

Ricky mencontohkan, di dalam film terdapat beberapa properti yang digunakan seperti fashion dan tempat wisata yang digunakan sebagai tempat shooting. Ketika properti itu digunakan, maka membuat propreti dan tempat wisata yang ada di dalam itu menjadi terkenal sehingga berdampak pada sektor pariwisata.

“Demikian juga dengan musik dang-dut. Kalau dikemas secara baik dan dengan branding yang kuat akan mempunyai nilai tambah. Juga dalam sebuah film, kita tidak hanya bicara film itu sendiri, kita bicara fashionmultiplier effects  terhadap daerah,” ujar Ricky Pesik, usai pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemlu, Dubes Teppo Taurianen di Stockholm, Senin (20/11/2017).

Kunjungan tersebut dalam rangka implementasi konkrit sebagai tindak lanjut dari Naskah Kesepakatan Letter of Intent antara pemerintah Swedia dan Indonesia di bidang ekonomi kreatif. Dokumen tersebut merupakan buah kesepakatan yang ditandatangani Kepala Bekraf dan Menteri Enterprises dan Inovasi Swedia di Bogor, 22 Mei 2017.

Dubes RI untuk Swedia Bagas Hapsoro menyambut baik kunjungan delegasi IT dan smart city ini. “Jika sektor industri kreatif ekonomi Indonesia betul-betul digarap secara baik, bukan hal mustahil Indonesia bisa berjaya di skala internasional seperti yang terjadi pada Republik Korea dengan K-Pop-nya”, kata Bagas. (Sumber: KBRI Stockholm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here