Pemkab Gunung Kidul Akan Buat Pantai Selatan Mirip Nusa Dua Bali

0
126

Satumediatv.com  – Penataan pantai terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Selain pembenahan kawasan sempadan pantai, baru-baru ini pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul tengah mewacanakan jalur lingkar Sepanjang, Selasa (21/11/2017).

Jalur baru di wilayah Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari itu sedang dilakukan pengkajian. Apabila sudah terealisasi lintasan baru tersebut akan merubah wajah Pantai Selatan.

DPUPRKP Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan, nantinya jika sudah terealisasi maka Pantai Selatan akan mirip seperti Nusa Dua Bali yang terkenal indah dan rapi dalam penataannya.

Dia menjelaskan, wacana jalur lingkar Sepanjang sekarang masih dalam kajian. Namun sebagai gambaran, rute gres nantinya mempercantik tata kelola kawasan pantai.

“Selama ini kan, jalur melintasi Pantai Sepanjang sangat dekat dengan bibir pantai, belum lagi adanya bangunan-bangunan,” ucapnya.

Nanti jarak antara bibir pantai dengan jalur baru kurang lebih sejauh 200 meter, dan pihaknya menargetkan pembebasan lahan selesai di tahun 2019.

“Kami optimis semua bisa diselesaikan sesuai dengan rencana awal. Misalnya, berhubungan dengan harga tanah. Sudah ada tim appraisal yang menentukan nilai tanah disekitar lokasi pembangunan,” terang Eddy.

Apabila pembebasan lahan telah selesai semua, maka pembangunan bisa dilaksanakan. Anggaran tersebut akan disharing dengan provinsi maupun pusat.

Sementara itu, Camat Tanjungsari Rahmadiyan Wijayanto mendukung langkah pemkab dalam upaya menertiban kawasan pantai.

Mengenai jalur lintas Sepanjang, dia juga sudah intens berkomunikasi.

“Pada master plan proyek wisata bahari, Pantai Sepanjang Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari dipilih menjadi pilot project,” kata Rahmadiyan.

Hanya saja, penataan pantai hendaknya melakukan pendekatan secara baik. Jangan sampai melakukan eksekusi mengingat dampak negatif yang ditimbulkan.

Oleh sebab itu sosialisasi mengenai manfaat penataan kawasan harus didahulukan.

“Pendekatan ke pelaku usaha sangat penting juga karena memegang kesuksesan dalam upaya penataan,” ujarnya.

 (TRIBUNJOGJA.COM)

Foto : Pesona Indo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here