Netflix Mundur Dari Festival Film Cannes 2018

0
23
Foto : stravizzi.it

Satumediatv.com – Cannes, Pihak Netflix mengundurkan diri dari Festival Film Cannes 2018, yang akan diadakan pada Mei 2018. Keputusan itu diambil oleh pihak Netflix setelah pihak penyelenggara festival tersebut melarang film dengan platform streaming untuk mengikuti kompetisi, karena pihak produsen film streaming itu menolak memutar film mereka di gedung bioskop. Hal itu diberitakan oleh Reuters pada Rabu (11/4/2018).

Kepala Konten Netflix, Ted Sarandos, mengatakan dalam wawancara oleh Variety bahwa tidak ada gunanya untuk tampil di Cannes setelah perubahan aturan. Direktur Festival Cannes, Thierry Fremaux, mengatakan bulan lalu bahwa Netflix telah menolak memberi distribusi pemutaran film di Perancis dan, karena itu, akan dilarang mengikuti kompetisi pada festival film yang akan diadakan pada 8-19 Mei 2018 di Cannes, Perancis, itu. Namun, Fremaux mengatakan bahwa Netflix bisa mempertontonkan film-filmnya di luar kategori kompetisi dalam festival film tersebut.

Foto : theverge.com

Ted Sarandos mengatakan pula kepada Variety bahwa Netflix tidak akan berpartisipasi dalam pemutaran non-kompetisi pada Festival Film Cannes 2018.

“Saya rasa tidak ada alasan untuk mengikuti kompetisi. Peraturan ini secara implisit ditujukan kepada Netflix dan Thierry Fremaux menyatakan secara eksplisit tentang Netflix ketika dia mengumumkan aturan tersebut,” tutur Sarandos.

“Kami ingin film-film kami diperlakukan sama seperti pembuat film lainnya,” lanjutnya.

“Ada risiko bagi kami mengambil langkah ini dan film kami serta pembuat film diperlakukan dengan tidak hormat di festival. Mereka sudah menciptakan situasi ini. Saya rasa tidak baik bagi kami untuk berada di sini,” tambahnya.

Netflix berencana merilis 80 film orisinal pada 2018 untuk 109 juta pelanggan streaming di seluruh dunia. Perusahaan itu telah merilis beberapa film, antara lain thriller fantasi Bright, yang dibintangi oleh Will Smith, di beberapa gedung bioskop. Namun, beberapa jaringan gedung bioskop besar menolak memutar film-film Netflix karena Netflix merilis film-filmnya bersamaan secara online.

Film-film dari studio-studio tradisional biasanya diputar secara eksklusif di gedung-gedung bioskop selama kira-kira tiga bulan. Netflix mengatakan tidak ada pernyataan lagi untuk menambah komentar Sarandos dalam wawancara oleh Variety. Dalam Academy Awards 2018, Netflix mendapat tiga nominasi dari film drama isu rasisme Mudbound dan satu piala Oscar kategori Film Panjang Dokumenter Terbaik dari film Icarus, yang menceritakan kasus doping pada bidang olah raga Rusia.

Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here