Kriteria Cawapres Ideal untuk Jokowi menurut Jusuf Kalla

0
47

Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI sudah menolak untuk maju menjadi cawapres di Pemilu 2019 mendatang. Karena Undang-undang Dasar 1945 membatasi masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden , yakni hanya 2 periode.

Seperti yang telah diketahui, sempat muncul wacana menduetkan kembali pasangan Jokowi – JK pada Pilpres 2019 mendatang, namun JK menolak untuk maju kembali dalam pemilihan tahun depan (2019) .

Meskipun begitu, mantan Ketua Umum Golkar itu mengungkapkan setidaknya ada dua kriterial yang ideal menjadi cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

“Pertama bisa menambah elektabilitas.” ujar Jusuf Kalla usai Rapimnas Lembang 9 di Hotel Aryaduta, Jakarta. Senin (26/2/2018).

Menurut Jusuf Kalla,siapapun calon pendambing Jokowi di Pilpres 2019 harus memiliki elektabilitas dan dikenal publik secara luas sehingga kehadirannya dapat meningkatkan elektabilitas Joko Widodo.

Kedua, menurut Kalla kriteria ideal cawapres Jokowi adalah Tokoh berpengalaman, sebab ujar Kalla, menjadi wakil presiden berarti harus mampu mengerjakan tugas-tugas seorang presiden.

Beliau memberi contoh BJ Habibie yang mengemban tugas sebagai presiden kala Presiden Soeharto mengundurkan diri karena desakan yang sangat kuat oleh publik pada tahun 1998 silam.

“Kalau tidak berpengalaman, kalau Pak Habibie tidak siap bagaimana ? jadi sampingnya juga harus berpengalaman di pemerintah.” Jelas JK.

 

SATUMEDIA.TV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here