Gunung Kidul Surganya Lobster

0
89

Gunung  Kidul, memiliki  Alam dan  Lautan yang indah , bagi masyarakat pulau Jawa  surganya  wisata pantai ada di Gunung Kidul, puluhan pantai  ada di selatan Jogjakarta ini.  Misal saja  Pantai Timang yang menjadi favorite Wisatawan Malaysia dan Singapura, ribuan turis kedua negara itu mengunjungi pantai Timang tiap tahunnya untuk menikmati   Kuliner  Lobster  yang memang melimpah di Gunung Kidul.

Lobster banyak menjadi  tangkapan  primadona nelayan disepanjang  Pantai Selatan karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi, apalagi saat ini Wisatawan yang  berkunjung Ke pantai pantai di Gunung Kidul  cukup ramai, apalagi Hari Sabtu Dan Minggu.

Kondisi demikian nelayan beralih pekerjaan sebagai pencari lobster dengan cara menjaring. Dalam sehari, nelayan di Pantai Nampu mampu menghasilkan satu hingga tiga kilogram lobster, dengan  nilai ekonomis tinggi maka hal itu cukup membantu nelayan. “Harga lobster lumayan tinggi, per kilogram mencapai Rp250 ribu hingga Rp300 ribu tergantung ukuran dan jenisnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunung Kidul Khairudin mengatakan pada 2018 pihaknya menargetkan 4.590 ton hasil laut. Jumlah tersebut dihitung dari keseluruhan jenis hasil laut di sepanjang pantai selatan.

Dari data DKP, Pantai Sadeng masih diharapkan menjadi penghasil ikan terbanyak, disusul Pantai Baron, Ngrenehan, dan Gesing. /santoso-satumediatv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here