8 Ribu Ayam Mati Terpanggang Akibat Kandang Terbakar di Tegal

0
2
Kandang ayam terbakar di Tegal, Rabu, 11 Juli 2018. (Foto: Hanif)
Kebakaran kandang ayam terjadi di Desa Pagiyanten, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Pukul 06.00 WIB, Rabu (11/7). Akibatnya dari kebakaran ini ribuan ekor ayam mati terpanggang.
Kandang ayam milik Novak (43 tahun) itu berada di RT 10 RW 3 desa setempat. Awal peristiwa ini terjadi saat seorang warga melihat api yang berasal dari kandang ayam yang terletak di ladang jangung. Dalam sekejap, api langsung menjalar di area tersebut.
Melihat kobaran api, warga sekitar sempat berupaya untuk memadamkannya. Terlihat juga ribuan ayam yang mati tergeletak karena terbakar.
Api membakar area tersebut selama 30 menit. Kejadian itupun kemudian dilaporkan ke pihak pemadam kebakaran (damkar).
Mendapatkan laporan, petugas Damkar lalu mengerahkan satu unit bersama tim Pusdalops BPBD Kota Tegal. Sementara Damkar kabupaten tegal mengirimkan dua unit kendaraan. Proses pemadaman juga dibantu dari Koramil Pagiyanten, Polsek Adiwerna.
Dugaan awal, kebakaran terjadi akibat dari briket batu bara yang digunakan untuk pemanas ayam. Karena pada saat itu angin bertiup cukup kencang dan menimbulkan api sehingga satu kandang ayam yang berukuran 10×100 meter langsung terbakar.
Seorang warga, Udin, mengatakan peristiwa kebakaran itu begitu cepat. Sehingga dia hanya melihat kobaran api yang sudah cukup besar. “Langsung terlihat kobaran api. Lagi apes juga mas,” katanya.
Tercatat ada sekitar delapan ribu ekor ayam mati terbakar. Jumlah kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 350 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here