3 Destinasi Wisata Di Gunungkidul Akan Dikenakan Tarif

0
266

Satumediatv.com – Tiga lokasi wisata di Gunungkidul kini dikenakan tarif masuk atau retribusi.

Setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat tersebut wajib membayarkan uang retribusi. Retibusi nantinya masuk ke dalam pendapatan asli daerah.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan, ketiga destinasi wisata tersebut yakni Pantai Ngeden yang terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari; Embung Batara Sriten,di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, dan Pantai Watu Gupit yang terletak di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari.

Ia mengatakan setiap wisatawan yang hendak berkunjung di ketiga objek wisata tersebut akan dibebankan retribusi sebesar Rp4.500 ditambah asuransi Rp 500. Retribusi akan diterapkan pada liburan Natal dan Tahun Baru mendatang.

“Kami menilai fasilitas, sarana dan prasarana penunjang wisata di tiga objek wisata tersebut sudah memenuhi syarat sehingga dapat ditarik retribusi,” ujar Harry, Senin (28/8/2017).

Harry mengatakan, selama ini tiga destinasi wisata tersebut dikelola swadaya oleh masyarakat, namun akhirnya dialihkan untuk menambah PAD Pemkab Gunungkidul dari pariwisata.

Ia mengatakan, selain menarik retribusi pemkab juga akan menambah sejumlah fasilitas pendukung. seperti di pembangunan jalan sepanjang tujuh kilometer menuju Embung Batara Sriten.

“Kami akan perbaiki nanti karena kondisi jalan yang tak cukup baik untuk dilalui. Tempat lain juga akan ditambah sarana prasarana,” ujar Harry.

Hingga kini, peraturan Bupati terkait retribusi sedang dibuat.

Dinas Pariwisata Gunungkidul tengah berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul untuk penerbitan alat pungut.

Sementara itu Anggota komisi B, DPRD Gunungkidul Edi Susilo mengungkapkan pihaknya berharap pemkab untuk menambah fasilitas obyek wisata sehingga tak hanya menarik retribusi saja.

“Kalau mau menarik retribusi ya perlu berbaikan sarana dan prasarana. Karena kalau sudah bayar ya pengunjung harus dapat fasilitas yang setimpal,” katanya.

Sumber Baca 

Foto : [New]Blog.UAD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here